MERANCANG APLIKASI BERBASIS DATABASE MENGGUNAKAN ERD ATAU CLASS DIAGRAM-UML
CLASS
DIAGRAM
Class adalah
sebuah spesifikasi yang jika diinstanisasi akan menghasilkan sebuah objek dan
merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class
menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan
layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metode/fungsi). Class diagram
menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan
satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.
Class diagram adalah
sebuah class yang menggambarkan struktur dan penjelasan class, paket, dan objek
serta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan
lain-lain. Class diagram juga menjelaskan hubungan antar class dalam sebuah
sistem yang sedang dibuat dan bagaimana caranya agar mereka saling
berkolaborasi untuk mencapai sebuah tujuan.
Class
memiliki tiga area pokok :
- Nama (dan stereotype)
- Atribut
- Metode
OBJECT DIAGRAM
Object
Diagram adalah Salah satu perancangan sistem yang digunakan untuk menjelaskan
tentang nama obyek, atribut dan metode yang dipakai. Sebuah Object Diagram
adalah gambaran dari objek-objek dalam sebuah system pada satu waktu. Diagram
ini sering juga disebut sebagai Diagram Perintah, karena pada diagram ini
perintah-perintah nya lebih ditonjolkan daripada kelasnya.
OBJET - CLASS DIAGRAM
l Attribut
l Operation/Function/Method
l RelationShip
l Note / Keterangan (Optional
Attribut
Class
Atribut dan metode dapat memiliki salah satu sifat berikut :
Atribut dan metode dapat memiliki salah satu sifat berikut :
- Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan
- Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya
- Public, dapat dipanggil oleh siapa saja
Contoh :
Komponen
Class Diagram
1. Subsystem
Sedangkan suatu package
adalah suatu mekanisme umum untuk mengorganisir element-element model, suatu
subsistem menggambarkan suatu unit tingkah laku di dalam sistem fisik.
2. Class
Suatu class adalah
mendeskripsikan untuk satu set object dengan struktur serupa,
perilaku/behavior, dan hubungan/relation.
3. Interface
Suatu interface adalah
untuk menspesifikasikan suatu externally-visible operasi suatu kelas, komponen,
atau lain penggolong/classifier ( mencakup subsistem) tanpa spesifikasi dari
struktur internal.
4. Signal
Signal adalah suatu
yang menggambarkan spesifikasi dari asynchronous stimulus yang berkomunikasi
antar kejadian.
5. Exception
Suatu Exception adalah
suatu isyarat yang diangkat oleh behavior dalam suatu ketika terjadi kesalahan.
6. Port
Port adalah suatu
struktural suatu peng-class-an yang menetapkan suatu interaksi beda yang
menunjukan antara peng-class-an dan lingkungannya atau antara ( perilaku)
peng-class-an dan bagian internal nya.
Deployment Diagram
Deployment
diagram menunjukkan sekelompok node dan hubungan di antaranya. Deployment
diagram digunakan untuk menggambarkan tampilan deployment statis sebuah
arsitektur.
CONTOH KASUS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar