Senin, 04 Juni 2012

MERANCANG APLIKASI BERBASIS DATABASE MENGGUNAKAN ERD ATAU CLASS DIAGRAM-UML


MERANCANG APLIKASI BERBASIS DATABASE MENGGUNAKAN ERD ATAU CLASS DIAGRAM-UML
CLASS DIAGRAM
Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstanisasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metode/fungsi). Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.
Class diagram adalah sebuah class yang menggambarkan struktur dan penjelasan class, paket, dan objek serta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain. Class diagram juga menjelaskan hubungan antar class dalam sebuah sistem yang sedang dibuat dan bagaimana caranya agar mereka saling berkolaborasi untuk mencapai sebuah tujuan.
Class memiliki tiga area pokok :
  1. Nama (dan stereotype)
  2. Atribut
  3. Metode
OBJECT DIAGRAM
           
Object Diagram adalah Salah satu perancangan sistem yang digunakan untuk menjelaskan tentang nama obyek, atribut dan metode yang dipakai. Sebuah Object Diagram adalah gambaran dari objek-objek dalam sebuah system pada satu waktu. Diagram ini sering juga disebut sebagai Diagram Perintah, karena pada diagram ini perintah-perintah nya lebih ditonjolkan daripada kelasnya.

OBJET - CLASS DIAGRAM
l  Attribut
l  Operation/Function/Method
l  RelationShip
l  Note / Keterangan (Optional

Attribut Class
Atribut dan metode dapat memiliki salah satu sifat berikut :
  • Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan
  • Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya
  • Public, dapat dipanggil oleh siapa saja

Contoh :

Komponen Class Diagram
1. Subsystem
Sedangkan suatu package adalah suatu mekanisme umum untuk mengorganisir element-element model, suatu subsistem menggambarkan suatu unit tingkah laku di dalam sistem fisik.
2. Class
Suatu class adalah mendeskripsikan untuk satu set object dengan struktur serupa, perilaku/behavior, dan hubungan/relation.
3. Interface
Suatu interface adalah untuk menspesifikasikan suatu externally-visible operasi suatu kelas, komponen, atau lain penggolong/classifier ( mencakup subsistem) tanpa spesifikasi dari struktur internal.
4. Signal
Signal adalah suatu yang menggambarkan spesifikasi dari asynchronous stimulus yang berkomunikasi antar kejadian.
5. Exception
Suatu Exception adalah suatu isyarat yang diangkat oleh behavior dalam suatu ketika terjadi kesalahan.
6. Port
Port adalah suatu struktural suatu peng-class-an yang menetapkan suatu interaksi beda yang menunjukan antara peng-class-an dan lingkungannya atau antara ( perilaku) peng-class-an dan bagian internal nya.
Deployment Diagram
Deployment diagram menunjukkan sekelompok node dan hubungan di antaranya. Deployment diagram digunakan untuk menggambarkan tampilan deployment statis sebuah arsitektur.
 

CONTOH KASUS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar